line

Article

Harga dari pilihan kita

Baca Yosua 24:14-28 
"Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah." (Yosua 24:15) 

Yosua sudah selesai melaksanakan pekerjaan yang Allah tugaskan untuknya, setelah membawa bangsa Israel menyeberang sungai yordan untuk menduduki tanah Kanaan, dan pada saat itulah Yosua menyampaikan pidato perpisahan kepada orang Israel dan menyatakan untuk memilih kepada siapa mereka akan beribadah. Apa artinya hal ini didalam Kehidupan kita? apakah setelah mendapatkan keselamatan dari Yesus kita berhenti disana? 

Saudara, melalui renungan ini saya mengajak kita untuk merenungkan arti dari pada kata-kata Yosua kepada bangsa Israel pada pidato perpisahannya untuk bangsa ini. 

Yosua menekankan soal MEMILIH kepada siapa bangsa ini akan beribadah, yang artinya setelah mereka sampai di tanah kanaan tidaklah hanya puas menerima tanah perjanjian itu, untuk tinggal menikmati hasilnya. 

Tetapi Allah meminta mereka untuk memulai Ibadah yang baru untuk mengenal dan memuliakan Tuhan serta menerima janji-janjiNya. Bila kita kembali kepada tujuan Allah yang semula membawa bangsa Isarel keluar dari Mesir adalah agar bangsa ini dapat beribadah kepada Allah dengan benar. Kenapa harus dinegeri Kanaan bangsa ini beribadah kepada Tuhan? bukankah dimana saja kita dapat beribadah? 

Saudara, inilah maksud rencana Allah untuk kita melalui Yesus Kristus datang kedunia ini. Tuhan datang untuk membawa kita keluar dari kerajaan dunia negeri perbudakan dosa (mesir) dan membawa kita masuk kedalam Kerajaan Allah (Kanaan) dan di sini kita dapat beribadah kepada Allah dengan benar. Kita tidak bisa beribadah kepada Tuhan selama kita masih tinggal didalam Kerajaan Dunia, kita harus dipindahkan Yesus kedalam KerajaanNya yaitu Kerajaan Allah agar kita menerima semua janji-janji Allah yang Allah sudah sedikan didalam KerajaanNya. Itulah sebabnya ada masih banyak kali kita beribadah kepada Tuhan, tetapi masih tinggal didalam Kerajaan Dunia ini yang adalah gambaran Mesir itu sendiri. Sungguhlah berbeda beribadah kepada Allah didalam kerajaan dunia dengan beribadah kepada Allah didalam kerajaanNya. 

Yosua sebetulnya mengingatkan bangsa Israel MENGENAI HAL INI, dia menyinggung soal nenek moyang bangsa ini yang beribadah kepada Tuhan TETAPI beribadah juga kepada allah orang Amori. Saudara, ada banyak kali kita masih tinggal didalam kerajaan dunia sementara beribadah kepada Allah. Kita harus segera memilihnya, agar dapat menerima semua janji-jnaji Allah didalam hidup kita. Dan tidaklah mungkin bagi kita menerima semua janji Allah bila kita tidak tinggal didalam kerajaanNya. 

Itulah sebabnya ada banyak Kekristenan kita jatuh bangun, karena kita masih tinggal didalam kerajaan dunia, kenapa? sebab didalam kerajaan dunia ini, meskipun kita berusaha untuk beribadah kepada Tuhan tetapi karena banyaknya berhal-berhala disini, itu menjadi alat iblis untuk menghancurkan kita. Yosua mengingatkan bahwa didalam kerajaan dunia ini ada allah orang Amori yang artinya kita tidak dapat mempunyai dua Tuan didalam hidup kita, Yesus mengingatkan bahwa kita akan mengasihi yang satu dari pada yang lain. Apakah berhala-berhala itu? sadar atau tidak sadar berhala-berhala ini justru kita sukai sementara kita beribadah kepada Allah. Berhala rokok, alkohol, berhala kepahitan hati dan banyak hal yang membuat kedagingan kita menyukainya, itulah yang sebetulnya menandakan kita beribadah kepada Allah tetapi tidak tinggal didalam kerajaanNya. 

Yosua berkata:"Tidaklah kamu sanggup beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah yang kudus."(Yos 24:19) Karena didalam kerajaanNya ada kekudusan, inilah yang membuat penghalang kita untuk tidak mau tinggal didalamNya. Kita tidak dapat memilih kerajaan ini karena ada kekudusan disana, yang otomatis hal-hal yang kita sukai didalam kerajaan dunia haruslah kita tinggalkan. 

Saudara, biarlah saat ini Roh Kudus menyatakan hal ini untuk kita dan pilihlah bagi kita, kepada Siapa kita akan Beribadah. 

Amin

RADIKAL (RancanganNya Didalam Kehidupan anak-anak Allah)

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form