line

Article

Sekolah Karakter

Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia. Markus 1:19-20

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?" Matius 19:23-25

Dalam pengalamanNya memimpin pengusaha dan orang orang kaya ( ke 12 orang muridNya ), Yesus mengajarkan pentingnya arti BELAJAR. Tentunya yang dimaksudkanNya adalah belajar FIRMAN. Seiring mereka mempelajari Firman, ke 12 muridNya secara tidak langsung sudah masuk yang namanya SEKOLAH KARAKTER.

Yesus sendiri sebelum terjun dalam pelayanan dan sebelum membuat sejarah dalam mujizat, Dia sendiri harus berurusan dengan sekolah karakternya di padang gurun selama 40 hari. Ini baru SEKOLAH DASAR bagi Yesus.

Donald Trump dalam acara reality shownya, memberi nama The Apprentice yang artinya anak didik. Kenapa tidak diberi nama The Director ? atau The CEO ? mengapa mesti anak didik ? itu berarti, dunia bisnis saja mengerti akan prinsip Alkitabiah seperti ini. Mereka menginginkan seorang pemimpin yang tidak pernah lelah untuk belajar dan dididik !

Tahukah kalian, siapakah orang yang paling sulit untuk dididik ?

Orang yang keras kepala ? tentunya bukan ! Jika logam panas saja bisa dibentuk ( Perkataan dari Martin Luther King ), apalagi yang kepala batu ! sudah pasti tidak terlalu sulit bagi Allah untuk membentuknya, tentunya jika orang itu mau menyerahkan kepala batu-nya kepada Si pembuat manusia, yaitu Tuhan sendiri

Justru yang paling sulit dididik adalah para intelektual, dan orang-orang kaya !

Karena orang intelek, selalu bergantung dengan logika-nya seperti Ahli ahli taurat, tua tua kepala. Orang kaya sekalipun sulit untuk berubah, contohnya kisah orang kaya dengan lazarus. Dimasa orang kaya itu hidup, selalu terbiasa memerintah anak buahnya. Bahkan sampai mati sekalipun, sifatnya tidak pernah berubah untuk memerintah ! tidak tanggung tanggung, yang diperintahnya adalah bapa segala iman, yaitu Abraham.

Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. Lukas 16:24

Orang fasik tertangkap dalam kejahatannya, dan terjerat dalam tali dosanya sendiri. Ia mati, karena tidak menerima didikan dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat. Amsal 5:22-23

Yang Tuhan mau, kita harus berubah menjadi serupa seperti Kristus, yaitu mau DIDIDIK !. Perjalanan hidup untuk menjadi seperti Kristus, kita harus masuk sekolah karakter.

Saya ingat, beberapa waktu lalu, seorang Direktur dari Matari Adv, yang meninggal, yaitu bapak Kenneth yang menulis pesan terakhir, kalo tidak salah seperti ini hidup itu bagaikan bendera perang yang harus tetap dipertahankan sampai tangan Tuhan !

Saya senang membacanya ! saya percaya, akhir hidupnya, dia sudah menyelesaikan segala sekolah karakternya dan menyerahkan kembali kepada Tuhan. Jangan sampai akhir hidup kita menjadi sia sia !

Berikut ini adalah cerita dari jebolan siswa siswa sekolah karakter :

Musa, dari kecil dia diangkat menjadi anak dari putri Firaun. Dari sungai nil dimana dia dibuang, sampai istana dimana dia tumbuh besar selama 40 tahun. Musa selagi muda diajarkan segala sesuatu mengenai istana, pengetahuan, bahkan mungkin sekolahnya termasuk sekolah khusus bangsawan. Dari segi materi, dia tentu tidak berkekurangan, namun dari segi karakter, masih ada yang harus dia pelajari. Yaitu kerendahan hati. Sikapnya yang sombong dan selalu berpikir bahwa dia bisa membela saudara sebangsanya tanpa bantuan orang lain. Pola pikirnya yang salah membawa dia membunuh seorang mesir.

Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu. Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir. Keluaran 2 : 11-12

Tapi apa yang dilakukan Musa ? dia lari dari istana. Karena hal itu sudah diketahui oleh Firaun yang hendak membunuhnya. Tapi memang sudah rencana Tuhan, Musa lari dan menikah dengan seorang Midian, dekat dari tinggalnya adalah padang gurun. Dan disanalah dia tinggal hampir selama 40 tahun.

Disinilah karakter-nya dibentuk dengan matang. Persiapan mental dan karakternya dibentuk di padang gurun, sebagai persiapan dirinya memimpin jutaan bangsa israel keluar dari mesir.  Yang pasti, pengalaman hidupnya di istana, tidaklah cukup untuk memimpin bangsa Israel keluar dari mesir. Bukankah seringkali kita merasa capable untuk menjadi apa yang kita mau dengan pengalaman sekolah kita yang hebat ? dengan ijazah S1, S2 atau S3 yang kita punya ? sebenarnya, dimata Tuhan, itu tidaklah berarti apa apa !

Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir." Keluaran 3: 10

Kemudian, perhatikan apa yang disampaikan Musa kepada Tuhan,  Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?" keluaran 3 : 11

Perlu waktu 40 tahun bagi Musa untuk mengikis kesombongannya. Segala pemikiran hebatnya semasa sekolah di sekolah bangsawan, menjadi pemikiran yang tidak lagi dominan dalam otaknya. Justru kerendahan hati-nyalah yang menjadi nomor satu baginya. Dan inilah kunci utama, syarat yang diperlukan Tuhan untuk menjadikannya sebagai seorang pemimpin !

Dan kisah selanjutnya adalah,

Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi. Bilangan 12 : 3

Hatinya diubahkan Tuhan menjadi lembut. 40 tahun dipadang gurun, karakter-nya dibentuk, dan setelah itu, dia bertemu dengan Tuhan secara langsung, dan efek dari semuanya itu, membuatnya dipuji oleh Tuhan sebagai manusia yang lembut hatinya.

Musa memasuki sekolah karakter-nya 40 tahun di padang gurun.

Lihat lagi Yusuf, si tukang mimpi. Sebagai anak kesayangan ayahnya, dia diberikan jubah yang indah.

Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia. Kejadian 37 : 2-3

Ada kebanggaan dalam dirinya sebagai anak emas. Sudah begitu, dengan polosnya dia menceritakan mimpi yang didapatinya, yang kemudian hari menjadi kenyataan. Begitu yakinnya dia mempresentasikan mimpinya itu didepan orang tua dan saudara saudaranya yang lain.

Buntut dari presentasi itu, dia malah dimasukan ke sekolah karakter. Yaitu melalui pintu lubang sumur ( kejadian 37:22 ). Tidak selesai sampai disana, dia dijual menjadi budak. Habis itu dikhianati oleh majikannya yang menuduh dia berbuat tidak senonoh. Lalu masuklah dia ke penjara. Disana dia sempat mengartikan mimpi teman teman penjaranya. Eh malah dirinya yang dilupakan oleh temannya itu.

Sekolah karakter-nya Yusuf adalah : ketika diperlakukan tidak adil, apakah dia bisa tetap mengucap syukur dan berharap kepada Tuhan ? ketika dikhianati, apakah dia masih bisa memaafkan ? ketika dilupakan, apakah dia masih bisa tetap mengingat Tuhannya ? ini kunci yang dipakai Yusuf untuk tetap bertahan menghadapi semuanya. Dia tidak menjalaninya dengan bersungut sungut ! dan ini jugalah yang membuat Tuhan mempromosikan dirinya sebagai orang nomor 2 di Mesir ! bukankah Allah kita luar biasa ? Dia tidak pernah tanggung tanggung mempromosikan hidup kita. Asalkan kita bisa belajar seperti Yusuf !

Sampai akhirnya dia bisa muncul di istana sebagai orang kepercayaan firaun akibat menerjemahkan mimpi firaun.

Yusuf memerlukan waktu selama 13 tahun untuk lulus dalam sekolah karakter, dimana dia harus bertemu dengan orang orang yang tidak menyukai-nya.

Ada lagi kisah murid murid sekolah karakter yang tidak lulus, yaitu bangsa Israel yang mati dipadang gurun akibat bersungut sungut. Padahal, kalo dilihat, kurang apa sih Tuhan menolong mereka ? Manna segar setiap pagi dan sore disediakanNya dengan cukup, minta daging, malah diberikanNya melebihi apa yang mereka minta. Kasut dan pakaian mereka sekalipun tidak menjadi rusak selama 40 tahun. Dan ketika mereka pergi ke padang gurun, apakah mereka pergi dengan tangan hampa ? tidak ! Tuhan membuat orang orang mesir ( yang terkenal paling kikir ) menjadi murah hati terhadap bangsa Israel, dengan diberikannya emas dan barang berharga mereka kepada orang Israel. Apa lagi ?

Dipadang gurun yang sengat panasnya bisa melebihi 38 derajat, Tuhan sudah sediakan tiang awan ! malam hari yang terkenal dingin, Tuhan sediakan tiang api. Bahkan untuk menyertai mereka, Tuhan tidak perlu mengutus ribuan pasukan malaikat, cukup satu malaikat yang sanggup mengatasi semuanya.

Belum selesai ! mujijat yang mereka lihat sepanjang perjalanan sekalipun tidak merubah sikap mereka ! seperti laut terbelah dua, ( saya yakin, kalo Steven Spielberg hidup dimasa itu dan masih bertahan sampai sekarang, yang namanya film ET, Jurasic Park sekalipun tidak akan sanggup melawan film box office ini yang menceritakan kebesaran Tuhan ) dan lain sebagainya.

Kurang apa Tuhan menolong mereka ? Cuma merekanya saja yang kurang ajar terhadap Tuhan ! bukannya ngomong terima kasih, malah bersungut sungut ! bukannya menyembah Dia, malah membuat lembu emas untuk disembah ! ini namanya orang tidak tahu diri ! hebatnya lagi, Tuhan tetap mengasihi mereka ! Luar biasa bukan kasih setiaNya ? namun seringkali kita menganggap sepi kemurahanNya.

Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya ? Roma 2:4 

Ada lagi kisah lain yang berujung tragis. Yaitu Salomo. Kisah hidupnya diwarnai harta yang melimpah. Kemewahan istana-nya mungkin melebihi istana istana di Monako. Soal wanita ? ini dia yang hebat. Tidak tanggung tanggung, 300 istri dan 700 gundik dipeliharanya. Mungkin Hugh Heifner ( Play Boy, Inc ) belum bisa menyaingi Salomo. Tapi ?¢???¦, hidup Salomo hancur karena menyembah berhala akibat rasa cintanya terhadap wanita-wanitanya. Salomo mengalami kegagalan dalam penguasaan diri ! tapi bagusnya, sebelum dia mati, dia bertobat !

Kita kembali lagi pada Yesus, bukan satu kebetulan kalau murid-muridnya adalah orang orang kaya dan orang intelektual ( seperti Lukas ) ! Yesus memilih mereka karena mereka tergolong orang yang paling sulit dibentuk oleh manusia. Tapi coba lihat, setelah  Yesus meninggal, murid-muridnya justru menjadi orang yang berbeda !

Seperti Petrus ( dalam tulisan saya, konsultan dan motivator ) yang diubahkanNya menjadi seorang pemimpin yang tidak lagi plin plan, berani mati.

Masih banyak lagi sebenarnya yang saya mau tulis dalam sekolah karakter ini. Intinya Cuma 1, jadilah Kristen yang memiliki pengalaman pribadi dengan Tuhan ! jangan Cuma mendengar saja, tapi juga alami bersama dengan Dia. Jangan takut untuk masuk sekolah karakter. Ini yang Tuhan paling suka.

Saya tutup dengan kesaksian saya sendiri. Sebelum masuk dalam pelayanan, saya hanya minta didoakan oleh senior saya untuk diberikanNya kepada saya jubah kerendahan hati. Secara tidak langsung, saya harus masuk sekolah karakter.

Dan doa ini dijawab Tuhan dengan waktu yang begitu cepat ( berbeda dengan doa saya yang lain yang agak lama dijawabNya ). Hanya dalam hitungan hari, saya harus kehilangan pekerjaan ( ini comfort zone saya ), kehilangan pacar ( orang yang paling saya sayangi ) belum lagi masalah2 lain yang datangnya berurutan terjadi dalam hidup saya.

2 bulan setelah masuk pelayanan, dengan nangis nangis, saya berkata TIDAK SANGGUP ! saya ingin MURTAD saja !!!!!! tapi luar biasa Roh Kudus bekerja dalam hidup saya. Disinilah masa masa saya mengalami sekolah karakter.

Saya diajarkan rendah hati ( padahal sebelumnya saya termasuk orang yang paling sombong ), diajarkan memiliki empati ( sebelumnya sangat egosentris ), diajarkan bergantung pada Roh Kudus ( padahal saya termasuk orang yang mengandalkan kekuatan sendiri dan manusia ) bahkan yang paling SPEKTAKULER dalam hidup saya, Roh Kudus mengajarkan Pola Pikir baru dalam hidup saya ( disini saya pernah mengalami pelepasan logika ! karena kalau ikut Tuhan, logika kita tidak sanggup menyelami semua pekerjaanNya )

Puji Tuhan, melalui pengalaman dalam sekolah karakter, saya juga melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana mujijat demi mujijat Tuhan tunjukan dalam hidup saya. Dan sekarang iman saya, Tuhan bawa dari bukit batu menuju gunung batu ( yang lebih tinggi lagi ).

Jika hidupmu hanya sebagai kristen hari minggu, tidak pernah ada pengalaman pribadi dengan Tuhan, bahkan yang paling parah, TIDAK PERNAH MENGALAMI MUJIJAT, buru buru deh daftar ke sekolah karakter. Daftarnya tidak susah : Tidak usah buang buang pulsa dengan kirim sms ke no 9388, tidak usah juga menelpon ke premium call 0809 xxxxxxx, tapi cukup dengan menutup mata dan berdoa,

Roh Kudus, aku mau masuk ke sekolah karaktermu. Kikis segala sifat jelekku dan ajarkan aku menjadi seperti Kristus ! supaya akhir hidupku, aku bisa di wisuda oleh Roh Kudus yang bertugas sebagai Guru Besar dan Penasehat bagiku !

Jangan kaget jika nanti kalian mengalami sesuatu yang tidak enak. Tidak usah kuatir, setiap ujian yang datang, pasti disertai juga dengan BERKAT ! panduan untuk melalui sekolah karakter Cuma satu buku. Yaitu Alkitab sebagai buku pelajaran !

Selamat belajar !

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form