line

Article

Membeli Emas Murni

Wahyu 3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
 
Dari ketujuh jemaat yang dikirimi surat mungkin jemaat di Laodikia bisa disebut jemaat yang paling buruk sebab jemaat ini ditegur sangat keras oleh Tuhan tanpa ada sedikitpun pujian. Jemaat ini kaya secara materi dan tidak kekurangan apapun tetapi kekayaan materi tersebut tidak diimbangi oleh kerohanian mereka sehingga Tuhan menyebut mereka miskin, telanjang dan melarat. Tetapi walaupun begitu, Tuhan tetap mengasihi jemaat ini sehingga Dia berkata barangsiapa Kukasihi, ia Kuhajar dan Kutegor. Tuhan memerintahkan jemaat ini untuk bertobat dan membeli emas murni dan pakaian putih agar mereka menjadi kaya dan tidak telanjang. Emas murni yang dimaksud disini tentunya bukan emas murni secara fisik sebab jemaat di Laodikia sudah kaya dalam hal materi.
 
Emas merupakan logam mulia yang sering digunakan di Alkitab untuk melambangkan umat Tuhan. Tidak seperti logam lain, emas itu merupakan logam yang mempunyai kadar karat tertentu. Jika kita memiliki sebuah cincin emas berkadar 14 karat maka itu berarti 14 dari 24 bagiannya adalah emas. Jadi sebuah cincin emas yang memiliki kadar 14 karat berarti hanya 60 persen saja yang berupa emas, 40 persen sisanya logam lain. Cincin emas 14 karat itu hampir mirip dengan emas murni tetapi sebenarnya bukan emas murni sebab ada campuran logam lain di dalamnya. Kita tidak akan dapat melihat kotoran-kotoran (logam lain) dalam emas itu kecuali emas tersebut dibakar dalam perapian yang sangat panas.
 
Saya masih ingat ketika baru lahir baru saya mengalami perubahan yang sangat nyata terutama dalam sifat pemarah yang saya miliki. Orang-orang di sekeliling saya bisa melihat perubahan tersebut setelah bertobat yaitu tidak suka marah-marah lagi. Tetapi setelah beberapa waktu sifat marah-marah itu muncul lagi sehingga membuat saya heran. Di kemudian hari saya baru mengerti bahwa hal itu karena Tuhan sedang memurnikan hidup saya sehingga kotoran-kotoran yang dulunya tersembunyi itu sekarang keluar. Sebelum bertobat saya pernah terikat dengan masturbasi dan kebiasaan buruk itu langsung berhenti ketika bertobat. Setelah beberapa tahun, tiba-tiba kebiasaan buruk tersebut kambuh lagi sehingga saya harus bergumul cukup lama sampai benar-benar bisa menang. Proses pemurnian menyebabkan sifat-sifat buruk (kotoran) kita yang dulunya tersembunyi muncul lagi. Saat itu terjadi kita harus menyerahkan keburukan tersebut kepada Tuhan agar oleh anugerahNya bisa diambil dari hidup kita.
 
Seperti yang telah ditulis di atas, untuk memurnikan emas harus dibakar di dalam dapur perapian yang panas. Api melambangkan penderitaan (krisis) yang Tuhan gunakan untuk memurnikan hidup kita.  Tuhan akan memurnikan  kita dalam dapur kesengsaraan sampai hidup kita menjadi benar-benar murni dan bening. Ketika kita dimurnikan oleh pencobaan maka kita menjadi bening sehingga orang lain dapat lebih nyara melihat citra Kristus dalam hidup kita. Sebuah botol yang bening tidak memuliakan dirinya melainkan memuliakan isinya. Semakin murni hidup kita maka semakin nyata dunia dapat melihat Yesus di dalam kita sehingga apa yang kita lakukan hanyalah untuk kemuliaanNya.
 
Saat ini kita hidup di jaman modern yang sangat materialistis dan memuja kemewahan hidup. Tanpa disadari gaya hidup ini juga telah meracuni kehidupan banyak anak Tuhan. Hari ini di banyak tempat kemakmuran telah menjadi salah satu tolak ukur utama dalam kesuksesan rohani sehingga ada pengajaran yang mengatakan ukuran dari kedewasaan rohani adalah bila seseorang makmur dalam hal keuangan. Saya sangat sedih sebab beberapa anak Tuhan yang dulunya pernah saya kenal mengasihi Tuhan sekarang telah terjerat dalam jebakan kemakmuran ini sehingga kerohanian mereka menjadi suam. Saya berdoa kiranya kasih karunia Tuhan menjamah mereka sehingga mereka bisa kembali menemukan kasih yang mula-mula.
 
Saya tidak terlalu terkejut ketika sebuah lembaga survei independen mengatakan lembaga yang paling tinggi tingkat korupsinya adalah lembaga DPR. Tetapi saya sangat terkejut dan sedih sebab ternyata tidak sedikit anggota DPR yang ternyata merupakan orang Kristen. Saya tidak bermaksud menghakimi siapapun lewat tulisan ini tetapi saya mengajak kita semua (termasuk saya) untuk instropeksi dan bertobat sebab teryata sebagai gereja kita belum menjadi terang dan garam bagi bangsa ini. Saya percaya satu waktu bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dan dikagumi oleh bangsa-bangsa lain tetapi hal itu tidak akan pernah terjadi jika gereja tidak bangkit untuk menjadi terang. Saya percaya Tuhan mengijinkan krisis demi krisis melanda kita agar lewat itu gereja Tuhan bisa dimurnikan sehingga gereja dapat menyatakan kemuliaan Allah di negeri ini. Tuhan mempunyai rencana untuk memakai bangsa ini untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain sehingga diijinkanNya terjadi krisis demi krisis yang sepertinya tidak pernah habis ini.
 
Sama seperti jemaat di Laodikia, kita perlu membeli emas murni dari Tuhan sehingga kita menjadi kaya secara rohani. Biarlah api pengujian itu membakar dan memurnikan hidup kita sehingga dunia dapat melihat dengan nyata kehidupan Kristus dalam diri kita. Relakan hati kita sebab dibutuhkan kerelaan hati dalam menjadi proses pemurnian yang sangat menyakitkan itu. Mari bersama-sama kita berseru dalam doa : Oh Tuhanku, Aku rela dan mau bertobat dari segala dosa dan kesesatanku Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka ( II Taw 7:14). Inilah waktunya bagi gereja untuk bangkit menjadi terang bagi bangsa ini!

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form