line

Article

Memaknai Lagu Rohani JanjiMu Seperti Fajar

Perpaduan yang indah antar syair, melodi, dan harmoni musik dari sebuah lagu rohani mampu mengantarkan suasana hati dan jiwa manusia menuju ke dalam perasaannya yang paling dalam. Suasana yang terbangun dibentuk terlebih dahulu oleh latar belakang hatinya saat mendengarkan lagu. Misalnya, ketika hati sedang sedih, kemudian mendengarkan lagu rohani tertentu, maka bisa membawa pendengar tersebut kepada perasaan yang berbeda-beda, tergantung pada lagu rohani yang didengarkan. Bisa saja justru menjadi semakin sedih karena terbawa dan teringat dalam suasana kenangan yang membuatnya sedih, atau perasaan terhibur karena syair lagu yang memberikan hiburan atas satu peristiwa, perasaan semakin dikuatkan, perasaan yang membawa pada kesejukan, dan lain-lain.

Berikut ini, saya mencoba memaknai satu lagu rohani.

Judul : JanjiMu Seperti Fajar (JanjiMu Sperti Fajar)

Musik/Lagu : Afen Hardiyanto Syair : Afen Hardiyanto

Bait 1. Ketika kuhadapi kehidupan ini Jalan mana yang harus kupilih Ku tahu ku tak mampu Ku tahu ku tak sanggup Hanya kau Tuhan tempat jawabanku

Bait 2. Aku pun tahu ku tak pernah sendiri Sbab Kau Allah yang menggendongku TanganMu membelaiku CintaMu memuaskanku Kau mengangkatku ke tempat yang tinggi

Reffren. JanjiMu sperti fajar pagi hari Dan tiada pernah terlambat bersinar CintaMu seperti sungai yang mengalir Dan ku tahu betapa dalam kasih-Mu

Syair dari lagu ini memiliki unsur peningkatan dalam bait  per baitnya. Unsur peningkatan yang saya maksud adalah peningkatan pengertian dan perasaan manusia yang semakin bertahap menuju arah yang lebih meningkat, naik secara positif atau lebih baik.

Bait 1. Syairnya pendek namun sarat makna. Berisi hal yang paling sering dialami oleh setiap manusia, yaitu adanya masalah, beban, keluhan, keragu-raguan, keputusan memilih dalam kehidupan, ketidakmampuan, dan ditutup dengan kesadaran adanya tempat jawaban yaitu Tuhan.

Bait 2. Kesadaran tersebut dilanjutkan dengan penyerahan diri seutuhnya kepada Tuhan. Baca syairnya baik-baik. Bait ini diakhiri dengan suatu kenyataan bahwa ketika kita serahkan semua permasalahan tersebut kepada Tuhan dengan segala kepasrahan yang mendalam, maka kita tidak akan pernah jatuh ke bawah, tetapi kita akan selalu diangkat ke tempat yang tinggi dalam situasi dan masalah apapun juga. Tempat yang indah, menyenangkan, menghibur.

Reffren. Dengarkan perubahan melodinya. Pada reffren ini, suasana lagu dibangun oleh melodi lagunya. Suatu kegembiraan atau penghiburan yang telah dirasakan ketika kepasrahan sudah diambil sebagai suatu keputusan kita. Janji Tuhan sangat jelas. Kenapa fajar? Karena itulah awal mulanya suatu kehidupan di pagi hari, karena fajar pagi hari PASTI datang. Janji Tuhan sudah PASTI seperti halnya kepastian-kepastian, nubuat-nubuat yang termuat dalam kitab suci. CintaNya seperti sungai yang mengalir. Sungai adalah gambaran kesejukan dari air.

Banyak sifat air yang begitu bermakna dalam kehidupan manusia : Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Menyesuaikan diri dengan tempatnya Berubah bentuk dalam situasi tertentu (saat terlalu dingin menjadi es, saat terlalu panas akan menjadi uap air)  

Coba dengarkan lagu ini saat perasaan kita sedang sedih, menghadapi masalah dan berbeban berat yang seolah-olah tidak mungkin ada jalan keluarnya. Percayalah juga, bahwa MASALAH itu TIDAK ADA, yang ada adalah KENYATAAN yang harus dihadapi. Dan apapun itu kenyataannya, semua selalu ada jalan keluarnya dan percaya atau tidak percaya, suatu inspirasi akan timbul saat kita mendengarkan lagu ini. Silahkan dicoba.

http://kandangjago.web.id

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form