Career, Deeper Journey, Faith, Life

Kenapa Tuhan Memberikan Kepada Kita Masalah?

Fig 15 10 2018 05 13 17 1

Masalah-masalah yang anda hadapi bisa membuat anda jatuh atau bertumbuh, tergantung dengan bagaimana caranya kita menanggapinya. Sangat disayangkan banyak orang gagal untuk melihat bagaimana Tuhan Menggunakan masalah untuk kebaikan mereka. Mereka lebih memilih untuk bertindak dengan bodoh dan membenci masalah-masalah yang mereka hadapi, daripada berdiam diri untuk merenungkan kebaikan apa yang bisa mereka Dapati dari masalah-masalah tersebut.

Tuhan menggunakan masalah untuk MENGARAHKAN anda. Kadang-kadang Tuhan harus menyalakan api di bawah kita untuk membuat kita tetap bergerak. Sering kali masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita ke arah yang baru dan memberikan kita motivasi untuk berubah. Apakah Tuhan sedang mencoba menarik perhatian anda?

Tuhan menggunakan masalah untuk MENGUJI anda. Manusia bagaikan teh celup… jika anda ingin tahu apa yang ada di dalamnya, celupkan saja ke dalam air panas! Pernahkah Tuhan menguji kesetiaan anda dengan masalah? Apakah yang didapati oleh masalah-masalah itu tentang anda? “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.” (Yakobus 1:2-3).

Tuhan menggunakan masalah untuk MENGOREKSI anda. Ada pelajaran-pelajaran yang kita pelajari hanya melalui penderitaan dan kegagalan. Mungkin waktu anda masih kecil orang tua anda mengajar anda untuk tidak boleh menyentuh kompor yang panas. Tetapi mungkin anda belajar justru karena setelah anda terbakar. Kadang-kadang kita baru bisa menghargai sesuatu… kesehatan, uang, hubungan…, saat kita sudah kehilangannya. “Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.” (Mazmur 119:71).

Tuhan menggunakan masalah untuk MELINDUNGI anda. Suatu masalah bisa menjadi berkat jika masalah tersebut mencegah kita dari bahaya. Tahun lalu ada satu teman saya yang dihentikan dari pekerjaannya karena dia menolak untuk melakukan sesuatu yang tidak etis oleh bossnya. Pengangguran itu merupakan suatu masalah bagi dia, tetapi justru itulah yang menghindarkan dia ditangkap dan dimasukan ke dalam penjara setahun kemudian ketika kelakuan manajemen yang tidak etis itu akhirnya terbongkar. “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan…” (Kejadian 50:20).

Tuhan menggunakan masalah untuk MENYEMPURNAKAN anda. Jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, masalah tersebut bisa membentuk kita. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita daripada kenyamanan kita. Hanya hubungan anda dengan Tuhan dan karakter anda yang akan dibawa dengan anda sampai kekal. Kita malah bermegah dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa … kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.  (Roma 5:3-4)

Advertisements
Faith

Memanfaatkan Kesempatan Emas

LUKAS 23:42-43 (Judul Perikop : Yesus Disalibkan) “Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila…
Fig 06 05 2019 06 17 13 1
Deeper Journey, Faith

Emergency Button

Dia bukan sekedar Emergency Button aja, yang diperlukan ketika butuh bantuan, ketika sedang merasa sedih, dikecewakan, kesepian,…
Img Emergencybutton 02 1
Deeper Journey, Faith

Rasa Aman Yang Palsu

Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik. Yesaya 48:22 Burung Kasuari termasuk jenis burung yang…
Rothalskasuar 2331610 960 720 1