Deeper Journey, Faith

Kebiasaan Yesus

Fig 26 08 2018 01 57 01 1

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Markus 1:35

Menurut anda,apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus sebelum melakukan kegiatan hariNya? Apa pula yang dilakukanNya sebelum mengambil suatu keputusan dalam hidup dan pelayananNya? Dalam bukunya yang berjudul Quiet Talk On Prayer, percakapan tanpa suara di dalam Doa. S.D. Gordon mengatakan Yesus berdoa, Dia senang berdoa. Terkadang doa adalah caraNya untuk beristirahat. Dia sangat banyak dan sangat sering berdoa, sehingga doa merupakan bagian hidupNya. Doa menjadi seperti nafas bagiNya. Dengan ungkapan menjadi nafas bagiNya.

Gordon menjelaskan bahwa Yesus tidak memandang doa sebagai suatu rutinitas, tapi merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupanNya. Tiada hari tanpa berdoa. Sebagai seorang guru, Yesus sangat menginginkan agar para muridNya memiliki kehidupan doa yang baik. Atas dasar itulah, Dia mengajarkan Doa Bapa Kami. Bahkan beberapa saat sebelum penangkapanNya, alih-alih menyuruh para muridNya lari. Dia menyuruh mereka untuk berdoa.

Hal itu mungkin nampak aneh, tapi tidak bagi mereka yang tahu kuasa Doa. Sebab Doa adalah sarana interaksi kita dengan Tuhan. Di Alkitab kita banyak menemukan pribadi-pribadi yang luar biasa. Mereka semua memiliki satu kebiasaan yang sama yaitu berdoa. Salah satunya adalah Daniel, orang yang diselamatkan Tuhan kala dimasukkan ke gua singa. Walau demikian, memiliki kebiasaan berdoa tidaklah mudah.

Adalah seorang pemuda pernah berkata, kalau berdoa pagi halangannya adalah rasa mengantuk dan haus dingin, sedang berdoa malam terkendala rasa lelah. Memang benar, banyak halangan untuk berdoa. Tak heran jika kebanyakkan orang tidak tertarik melakukannya sebelum benar-benar menghadapi masalah dan berada diujung tanduk. Namun kita juga harus ingat dengan ungkapan, sedia payung sebelum hujan. Sebelum masalah itu datang, persiapkanlah dulu dari kita. Oleh sebab itu, berdoa dan alamilah hari-hari yang luar biasa bersama Tuhan. Jika kita mengaku sebagai murid Kristus, marilah kita jadikan kebiasaan Yesus sebagai kebiasaan yang kita lakukan juga. Jadikan Doa sebagai saat yang kita nanti-nantikan. Orang yang berdoa dengan imanlah yang mampu menggerakkan tangan Tuhan. m

Advertisements
Life

Perkataan dan Perbuatan

Ada alasan mengapa orang. Dilarang merokok di tempat umum. Itu disebabkan karena asap rokok mudah…
Fig 20 08 2018 23 03 51 1
Deeper Journey, Faith, Life

Hati Yang Tuhan Inginkan

Bayangkan, apabila setelah menerima Tuhan Yesus dan segala sesuatu berubah secara langsung. Kita yang tadi…
Fig 24 10 2018 23 03 49 1
Deeper Journey, Faith

Rumah Doa

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke…
Fig 07 09 2018 05 09 54 1