line

Article

Karunia Kasih di dalam Tuhan Yesus Kristus

Kasih Tuhan di dalam 1 Korintus 13 mengatakan bahwa dengan secara rangkum bahwa meskipun saya memiliki segala sesuatu yang di dunia ini bahkan segala karunia rohani namun kalau saya tidak memiliki kasih saya bukan apa-apa: aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing;aku sama sekali tidak berguna; sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku. 

Kasih merupakan hal yang sering kita abaikan sebagai orang Kristen, karena orang sudah banyak yang terbiasa untuk membalas. Kalau kamu baik sama saya, saya akan baik sama kamu. Kalau kamu jahat sama saya, saya akan lebih jahat lagi sama kamu, atau mungkin saudara cuekin atau tidak peduli lagi sama orang tersebut, atau kalau ketemu tidak mau tegur atau sapain orang tersebut dan mungkin kita menjadi takut sama orang yang jahat sama kita. Itu merupakan prinsip yang kebanyakan kita hadapi. Tetapi mari kita melihat apa yang dikatakan firman Tuhan mengenai kasih. 

Di dalam 1 Korintus 13:4-8 mendefinisikan kasih. 

Orang sering kali menyalahgunakan definisi kasih ini karena menurut ayat ini kasih ini, bukan merupakan kasih yang secara duniawi antara dua pasangan, melainkan kasih ini di definisikan secara universal, kepada siapa saja. Baik teman, maupun orang yang memusuhi saudara. Contohnya meskipun ketika Rasul Paulus di hakimi oleh Perkius Festus (Kis24:27) dan Herodes Agripa, Paulus tetap memiliki kasih terhadap mereka dengan mengatakan, "Aku mau berdoa kepada Allah, supaya segera atau lama-kelamaan bukan hanya engkau saja, tetapi semua orang lain yang hadir di sini dan yang mendengarkan perkataanku menjadi sama seperti aku, kecuali belenggu-belenggu ini." (Kis. 26:29) 

Paulus diolok-olokin namun dia tidak memaki balik orang tersebut melaikan dia mengatakan dengan kasih. 

Karena Paulus yang belum bertobat akan melempar batu balik kepada orang yang menyanggah kepercayaannya kepada Tuhan, tetapi Paulus yang di perbaharui oleh darah dan kemuliaan Yesus Kristus seperti yang tertulis di dalam kesaksiannya, menyinarkan kasih. 

Tidak hanya bagi Agripa dan Festus namun bagi semua orang yang hadir disitu. 

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." (1 Kor 13:4-7) 

Pada dasarnya Paulus tidak berpikir bahwa, tidak mungkin bagi mereka untuk menerima Tuhan, melainkan dia tahu bahwa kabar keselamatan adalah bagi semua orang, Yahudi maupun tidak Yahudi. Orang yang patuh kepada Tuhan seperti perwira yang dilayani Petrus maupun orang yang jahat pada mula nya, seperti Paulus sendiri, sesuai dengan kesaksiannya, ketika ia belum bertobat. 

Di dalam penjelasannya Paulus, tidak hanya berbicara mengenai kasih namun ia melakukannya. Ketika Paulus berbicara bahwa Dia harus ke Roma(Kis 19:21) meskipun di Roma orang Yahudi di usir dan disiksa. Baru kemudian Tuhan menyatakan kepada Paulus bahwa dia harus ke Romah untuk bersaksi bagi Tuhan (Kis 23:11). 

Mungkin orang berpikir karena Paulus percaya Tuhan dia tidak akan menderita apa-apa karena Tuhan akan melindunginya, memang Tuhan akan melindungi namun Paulus tetap harus mengambil bagian di dalam perjamuan Kristus. Karena Kasih itu sabar menanggung segala sesuatu(1 Korintus 13:7). 

"Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih." 

1 Yohanes 4:18 

Ada orang yang mengatakan, kasih yang dikatakan di dalam Alkitab itu hanya mengenai kasih Tuhan kepada kita, bukan kasih kita kepada sesama. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang Tuhan memiliki kasih yang sempurna namun Tuhan juga memberikan kasih itu kepada kita. Mari kita lihat di dalam firman Tuhan.

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form