line

Article

Hari-Hari Untuk Dikenang

Kis 9:36 “ Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita – dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. “

Dorkas atau Tabita adalah seorang wanita yg selalu berbuat baik, dan perbuatan baiknya itu selalu dikenang orang. Sebab ketika ia sakit dan meninggal dunia, orang2 menangisinya dan menunjukkan segala perbuatan baik yg pernah Tabita lakukan pada mereka semasa ia masih hidup.

Ayat 39b “… dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis merka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian yg dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.”

Tabita ditangisi dan dikenang orang-orang. Pakaian2 pemberian Tabit itu ditunjukkan oleh para janda kepada Petrus. Dan ketika melihat semua kebaikan yg pernah dilakukan Dorkas dan tangisan dari orang2 yg pernah menerima kebaikan Tabita itu telah menyentuh hati Petrus untuk berbuat sesuatu.

Ayat 40 “Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata:”Tabita, bangkitlah !” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.”

Tabita dibangkitkan, ini hasil dari perbuatan baik yg pernah ia lakukan.. Ini satu berkat, krn perbuata baik yg sll Tabita lakukan telah menyentuh hati Tuhan utk menyatakan kuasa kebangkitanNya. Sebab perbuatan baiknya Tabita selalu diingat oleh Tuhan.

Ternyata tidak hanya perbuatan baik Tabita yg telah menjadi kesaksian bagi orang-orang tapi berita kebangkitannya juga menjadi kesaksian bagi banyak orang sehingga lewat peristiwa kebangkitan Tabita banyak orang yg menjadi percaya.

Ayat 42 “ Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan. “

Hidup kita tidak hanya menjadi berkat bagi banyak orang dikala kita melakukan kebaikan tetapi lewat perbuatan Tuhan yg IA nyatakan dalam hidup kita ini, kita juga bisa memenangkan banyak jiwa bagi Tuhan.

Mengapa Tabita bisa berbuat baik ? Sebab arti nama dari Tabita adalah rusa betina. Rusa yg sll merindukan akan air Firman. Langkah pertama utk kita bisa sll berbuat baik adalah sll merindukan air Firman. Sebab Firman Tuhan itu bisa mengerjakan hidup kita sampai kita menghasilkan buah-buah kebaikan. Firman Tuhan sanggup mengubah karakter hidup kita sampai kita bisa menghasilkan perbuatan2 baik.

PEREMPUAN YG MEMINYAKI KEPALA YESUS

Selain Tabita dalam Injil ada juga seorang perempuan yg berbuat baik. Kalau Tabita berbuat baik kepada sesama manusia, tapi perempuan yg satu ini telah berbuat baik kepada Tuhan dan perbuatan baiknya itu akan diingat Tuhan di sepanjang waktu.

Markus 14:6b “ Ia telah melakukan suatu perbuatan yg baik padaKu. “

Perempuan ini telah meminyaki kepala Yesus dengan minyak, dan di hadapan Tuhan itu adalah satu perbuatan baik. Tuhan senang dengan perbuatan baik yg kita lakukan untuk Dia sehingga Tuhan berkata : Dimana saja Injil diberitakan di seluruh dunia apa yg dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia. “

Perbuatan baik perempuan ini akan selalu dikenang dan diingat di sepanjang masa waktu. Dimana saja dan kapan saja Injil disampaikan maka perbuatan baik dari perempuan ini akan tetap disebutkan. Apa yg sdh dilakukan perempuan ini ? Meminyak kepala Yesus. Lalu apa yg bisa kitalakukan bagi Tuhan supaya itu diperhitungkan Tuhan sebagai perbuatan baik yg akan selalu IA kenang di mana saja, kapan saja, selalu dan selalu dikenang ? Perbuatan apakah yg hrs kita lakukan ?

Ayat 8 “ Ia telah melakukan apa yg dapat dilakukannya. “

Ini saja kuncinya, apa saja yg bisa kita lakukan utk Tuhan, lakukanlah ! Dan di hadapan Tuhan itu sudah merupakan perbuatan baik yg akan selalu IA kenang, amen ?

Itu sebabnya Ibrani 13:16 mengingatkan kita supaya jangan sampai kita lupa untuk berbuat baik. “ Dan janganlah kamu lupa berbat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yg demikianlah yg berkenan kpd Allah.”

Penulis kitab Ibrani ini mengingatkan kita utk jangan sampai lupa berbuat baik. Kebaikan apa yg bisa kita lakukan, lakukanlah itu. Jangan kita takut mengambil resiko bahwasanya kebaikan kita akan dilupakan orang. Sekalipuh itu terjadi, Tuhan tetap mengingatnya.. Memang manusia kadang bisa melupakan kebaikan yg sempat kita lakukan, namun Tuhan selalu mengingatnya, percayalah. Dan ini dialami oleh seorang tokoh Alkitab yg bernama Yusuf.

KEBAIKAN YUSUF TELAH DITELAN WAKTU & DILUPAKAN ORANG MESIR

Siapakah Yusuf ?
Siapakah yg tidak kenal dgn Yusuf seorang yg pernah menyelamatkan Mesir dari kelaparan yg menimpa dunia ? Padahal Yusuf bukanlah orang Mesir, tapi itu tidaklah menjadi msaalah bagi dia untuk berbuat baik. Sebelum kelaparan itu terjadi, Yusuf yg penuh hikmat mengemukakan gagasan2nya kepada Firaun, way out, solusi utk mengatasi kelaparan itu, bukankah itu merupakan suatu kebaikan yg Yusuf lakukan bagi Mesir ? Itu merupakan satu kebaikan. Kenapa tidak ? Sebab lewat gagasannya yg penuh hikmat dan Roh Allah itulah yg telah menyelamatkan Mesir dari kelaparan yg dahsyat, bahkan Yusuf tlh memperbesar nama Mesir sebab saat itu Mesir menjadi pusat makanan, semua orang datang ke sana untuk membeli makanan, Mesir menjadi satu2nya negara supplier makanan yg terbesar, saat itu Mesir bagaikan pusat perdagangan. Dan semua itu bisa terjadi karna kebaikan Yusuf.

Jika ada satu orang yg harus Tuhan pilih untuk mempersiapkan sebuah negeri dan rakyatnya selama masa kelaparan, maka orang itu adalah Yusuf. Yusuf adalah pembuat sejarah. Dia membuat sejarah untuk kemuliaan nama Tuhan. Sebagian besar dari kitab Kejadian disediakan untuk menulis tentang kehidupannya. Setelah riwayat kehidupan Yusuf, isi Kitab Kejadian berubah, dari kisah tentang satu keluarga menjadi kisah tentang satu bangsa. Sebab nanti dari sana akan muncul suatu bangsa yg besar, itulah bangsa Israel.

Namun kita melihat, bersama dgn berjalannya waktu, kebaikan Yusuf telah dilupakan orang.

Keluaran 1 : 8 “Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yg tidak mengenal Yusuf. “

Dengan begitu mudah kebaikan Yusuf sudah dilupakan orang Mesir padahal Yusuf telah berjasa pada Mesir, Yusuf telah mengangkat Mesir keluar dari kelaparan yg menimpa dunia, bahkan Yusuf telah membuat nama Mesir menjadi masyhur . Kemakmuran tetap ada pada Mesir karna bergelimang dgn kelimpahan gandum sekalipun kelaparan saat itu terjadi secara internasional, seluruh bumi dilanda kelaparan kecuali Mesir. Tapi Yusuf telah membuat Mesir menjadi kebanggan dan Yusuflah yg telah membuat Mesir memperoleh semuanya itu.

Tetapi Alkitab mencatat bahwa setelah Yusuf mati, muncullah seorang raja lain yg tidak mengenal Yusuf, sehingga bangsa Isreal hidup dalam belenggu perbudakan. Ternyata Yusuf sang pembuat sejarah bagi Mesir sudah dilupakan, kebaikannya utk menyelamatkan Mesir dari kelaparan sudah dilupakan orang, jasanya untuk membuat Mesir bersinar dikala kelaparan itu terjadi sudah ditelan waktu, orang2 Mesir sdh melupakannya. Raja/Firaun Mesir sudah melupakanya sehingga generasi, keturunan Yusuf diperbudak. Kebaikan Yusuf sudah dilupakan….

Tetapi Tuhan tidak pernah melupakan itu, IA ingat kepada Yusuf, IA ingat kepada keturunan Yusuf, akhirnya seperti yg kita ketahui akhirnya Tuhan lewat hambaNya Musa membebaskan keturunan Yusuf, itulah bgs Israel dari segala perbudakan Mesir & itulah yg kita kenal sebagai Paskah, saat Tuhan membawa bangsa Israel keluar dari rumah perbudakan. Ternyata Tuhan tidak pernah lupa, IA selalu ingat akan sgl kebaikan yg pernah kita lakukan.

Sdr, kalau kita sudah pernah menerima kebaikan seseorang, jangan pernah kita melupakannya. Kenanglah itu selalu, dan bersyukurlah kpd Tuhan atas segala kebaikan yg pernah kita terima dari orang2 yg pernah berbuat baik padt kita. Sebab kalau kita melupakan kebaikan orang itu berarti kita ini bagaikan orang Mesir, org yg tidak tahu berterima kasih. Orang Mesir adalah gambar dari kehidupan yg tidak tahu berterima kasih. Dan itu adalah keadaan yg terjadi pada akhir zaman ini. Jgn sampai kita merupakan bagian di dalamnya, salah satunya adalah tidak tahu berterima kasih.Ingatlah selalu akan setiap kebaikan yg pernah kita terima, amen ?

YUSUF JUGA PERNAH BERBUAT BAIK PADA JURUMINUMAN

Ketika Yusuf ditempatkan di dalam penjara, ia juga berbuat baik. Yusuf pernah berbuat baik pada juru minuman. Perbuatan baik apakah yg Yusuf lakukan pada juru minuman ?

Yusuf mengartikan mimpi dari juru minuman, itu satu kebaikan. Tuhan dengan begitu setia sll memberikan pembukaan rahasia FirmanNya pada kita, itu satu kebaikan yg patut kita syukuri. Setiap Sabtu kita mendapatkan Firman Pengajaran secara permanen, itu juga satu kebaikan yg perlu kita ingat selalu. Satu kebaikan yg tidak boleh kita lupakan di sepanjang hidup kita.

Tetapi juru minuman ini sudah melupakan kebaikan Yusuf, melupakan orang yg pernah menguakkan rahasia mimpinya. Kalau bukan Yusuf dia tidak akan pernah tahu apa arti mimpinya ? Namun dgn begitu mudah dia sudah melupakan kebaikan Yusuf. Padahal waktu itu juru minuman itu lagi bersedih, lagi susah, lagi menghadapi masa2 sulit, tapi di saat itulah Yusuf memberikan pembukaan rahasia dari mimpinya dan itu sanggup menolong juru minuman itu, akhirnya ia dibebaskan dari penjara.

Kejadian 40:6 “ Ketika pada waktu pagi Yusuf datang kepada mereka, segera dilihatnya , bahwa mereka bersusah hati. “

Saat mereka lagi bersusah hati, saat kesusahan datang, saat kesukaran menimpa, saat itulah Tuhan melawat kita dengan Firman Pengajarannya.

Ayat 7 “ Lalu ia ( Yusuf ) bertanya kepada pegawai2 istana Firaun yg ditahan bersama-sama dengan dia dalam rumah tuannya itu:” Mengapakah hari ini mukamu semuram itu ?”

Saat kita susah Firman Tuhan melawat kita. Saat kita sukar, Firman Tuhan menolong kita, saat kita menghadapi masa2 sulit Firman Tuhan membuka jalan bagi kita. Sudah berapa kali Firman Tuhan menolong kita dalam menghadapi kesulitan hidup ini ? Sudah berapa kali Tuhan menyatakan rahasia FirmanNya sbg jalan keluar bagi kita utk menghadapi suatu masalah ? Sudah berapa kali Tuhan menyatakan kuasa FirmanNya dalam hidup kita ? Akankah kita dgn begitu mudah melupakan semuanya itu ???

TUHAN SUDAH MENEMPATKAN SEORANG YUSUF DALAM HIDUP KITA

Sdr, Tuhan sudah mengerjakan begitu banyak kebaikan dalam hidup kita, dan salah satu kebaikan Tuhan adalah : IA telah menempatkan seorang Yusuf dalam hidup kita. Seorang Yusuf yg selalu membukakan rahasia Firman Tuhan bagi kita, dengan setia, dengan permanent dan berkesinambungan.

Seorang Yusuf yg sudah banyak berjuang dan mengorbankan hampir seluruh waktunya hanya utk mencari Firman bagi kita, seorang Yusuf yg dgn bgt setia sll menyajikan FirmanNya bagi kita, seorang Yusuf yg sudah berkorban waktu, tenaga bahkan perasaannya demi untuk membagikan pembukaan Firman Tuhan pada kita, seorang Yusuf yg rela memelihara kita dgn kelimpahan gandumnya yg semuanya itu tentu tidak didapatinya dgn begitu saja seperti kesaksian yg sudah pernah kita dengarkan, seorang Yusuf yg sudah mengorbankan bgt banyak waktu dan hidupnya untuk mencari Firman dan kini pelayanannya sangatlah menjadi berkat bagi umatNya, seorang Yusuf yg lewat proses waktu sudah dipersiapkan Tuhan dgn sedemikian rupa yg kini pelayanannya telah menggoncangkan rumah Tuhan…

Kalau Tuhan sudah menyediakan seorang Yusuf yg begitu berjasa dalam hidup kita, yg telah begitu banyak berbuat baik dalam hidup kita, lalu apa yg dapat kita lakukan sekarang ?

Janganlah kita seperti Juru Minuman yg dgn begitu mudah melupakan orang yg pernah menyampaikan pembukaan rahasia mimpinya. Jangan pernah kita melupakan segala kebaikannya, jgn pernah kita melupakan setiap ajarannya, jangan pernah kita melupakan setiap perkataannya. Biarlah kita ingat selalu, kita doakan selalu, kita dukung selalu, dan kita kenang selalu…

Trima kasih untuk semua kebaikan yg sudah kami terima…
Tuhan Yesus memberkati.

www.ccamedan.org

 

info Terbaru

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form