line

Article

Aku Tahu Aku Berharga

Saya teringat dengan salah satu cerita anak-anak yang pernah saya baca.  Ada seekor buaya yang berwarna merah muda.  Buaya ini tidak disukai oleh buaya-buaya yang lain. Tidak ada yang mau bergaul dengan dia. Semua buaya suka mengejeknya dan menganggapnya aneh dikarenakan warna tubuhnya yang berbeda. Hal ini membuat si buaya merah muda ini sedih dan terluka hatinya. Dia tidak bisa merubah dirinya menjadi seperti yang lain.  Bahkan dia sendiri tidak tahu mengapa warna tubuhnya harus berbeda.  Dia selalu sendirian.  Hidupnya kesepian karena tidak ada teman bermain.

Suatu ketika, saat dia sedang berjalan-jalan di sebuah taman,  dari kejauhan tampak olehnya seorang anak perempuan yang sedang asyik menyiram bunga-bunga di taman tersebut.  Dia ingin mendekati anak perempuan itu. Jadi cepat-cepat dia melumuri tubuhnya dengan lumpur.  Namun tiba-tiba turun gerimis kecil yang membuat lumpur ditubuhnya luntur sehingga anak perempuan itu ketakutan dan berlari menjauhi si buaya merah muda itu.

Buaya merah muda semakin bertambah sedih, karena tidak dapat berteman dengan anak perempuan itu.  Di hari lain, buaya ini bertemu lagi dengan anak perempuan itu.  Dan sekarang, dia tidak berusaha untuk merubah warna tubuhnya lagi.Lalu, tak disangka-sangka, anak perempuan itu tersenyum manis sekali pada buaya ini.  Anak perempuan itu mendekati dia, mengamati-amati dia dan tiba-tiba memeluk dia dan berkata bahwa dia adalah buaya paling cantik.  Wah, buaya ini bahagia sekali.  Ternyata anak perempuan ini tidak takut padanya, tidak menganggap dia aneh. Lalu anak perempuan ini membawanya pulang dan diperkenalkan kepada siapa saja yang ditemuinya.  Buaya ini gembira karena dia diterima menjadi teman oleh semua orang dan anak perempuan itu pun bangga kepadanya karena ia adalah buaya merah muda yang baik dan lucu.  Mereka pun bersahabat dan kemana anak perempuan ini pergi, dia selalu mengajak si buaya merah jambu.

Saya akui saya pernah dan masih sering merasa kalau saya seperti buaya merah muda itu.  Saya juga pernah mengalami apa itu kesepian, sendirian, ditinggalkan, dijauhi, tidak diperdulikan.  Dan sering saya berbuat  sesuatu yang membuat orang lain bisa melihat saya bukan hanya kejelekan saya saja tapi juga bahwa ada hal baik yang saya punya dan bisa saya lakukan.  Seringkali juga tanpa sadar saya sudah bertindak diluar batas saking inginnya ada orang yang menghargai dan memandang saya.  Tapi yang saya dapat malah sebaliknya dan mungkin lebih parah.  Mereka semakin menjauhi saya.  Dan itu membuat saya jatuh dalam kepahitan yang luar biasa, tanpa sadar bahwa ada satu orang yang perduli dan sangat mengerti siapa saya.  Sudah terlalu lama Dia menunggu saya datang kepada-Nya, menyerahkan diri saya apa adanya.  Dia adalah Yesus, yang sangat mengasihi saya.

Saat orang lain meninggalkan saya, Dia justru menghampiri saya.  Karena itu saya menyebut Dia : Sahabat.  Sahabat yang sejati.  Yang datang justru disaat yang lain pergi.  Saya menyadari selama ini menyembunyikan diri saya dari-Nya.  Karena saya berpikir kalau orang saja meninggalkan saya, apalagi Dia yang adalah Tuhan.  Saya sadar, terlalu banyak luka yang saya torehkan ditubuh-Nya hanya karena saya ingin penghargaan dari manusia.  Padahal Tuhan sudah begitu menderita, membuat diri-Nya tidak dihargai hanya untuk saya yang sangat berharga bagi-Nya. 

Yesus tidak pernah menuntut kita untuk menjadi sempurna.  Yesus tidak pernah menyuruh kita memakai topeng hanya supaya dipandang baik dan bagus oleh manusia.  Dia ingin kita apa adanya, sejujurnya kita, tidak berpura-pura, tidak munafik.  Ia sangat mengerti dan memahami kita.  Yesus tidak pernah memandang kita rendah, hina, kotor, karena dosa yang telah kita lakukan.  Dia sudah membersihkan semuanya dengan airmata dan darah-Nya.  Yesus meyakinkan kita bahwa bahkan dosa pun tidak dapat menggagalkan rencana-Nya atas hidup kita. 

Terima kasih Tuhan Yesus. Mulai saat ini saya pun mau untuk melihat orang lain seperti Engkau memandang mereka.  Dan melihat diri saya sendiri seperti Engkau memandang saya.  Karena hidup kami berharga di mata-Mu.

 

info Terbaru

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form